Jumat, 03 Juni 2011

Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

Deteksi Gejala Kanker lebih dini dan ketahui pemicunya

Gejala kanker tidak selalu tampak, sehingga acap sukar dideteksi sejak dini. Tapi tidak semua kanker tak bisa disembuhkan. Meski begitu yang lebih baik adalah menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan kanker, menemukan dan mengobatinya pada saat dini atau permulaan.

Kenali Gejala Kanker Sejak dini


Demikian dikatakan dr Monthes SPOG pada acara Sosialisasi Penyakit Kanker dan Payudara yang digelar pengurus Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kukar dalam rangka HUT ke-54 GOPTKI dan HUT ke-34 Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Monthes mengatakan ada 7 gejala kanker sebagai tanda seseorang mengidap kanker, yaitu : pendarahan atau keluarnya lendir yang tidak wajar, alat pencernaan atau perut yang terganggu, kesulitan menelan, tumor atau benjolan pada payudara atau di tempat lain, obstipasi atau sering sembelit, mencret, gangguan berak atau kencing, koreng atau borok yang tidak mau sembuh, andeng-andeng (tahi lalat) berubah makin besar atau makin hitam, serta nada suara menjadi serak, atau batuk yang tidak kunjung sembuh.

Selain menjelaskan bagaimana cara mengenali gejala kanker secara dini beliau juga menjelaskan tentang bahan pemicu kanker yang disebut karsinogen. Misalnya tembakau untuk rokok atau susur, dan beberapa bahan kimia seperti benzena yang digunakan dalam pembuatan ban, radium, kemudian sisa pembakaran (zat asam arang) dan beberapa bahan tambang semisal asbeston.

Monthes juga mengatakan , ada 2 cara pencegahan yang dapat dilakukan. Pertama pencegahan primer yang meliputi penataan lingkungan kerja seperti menghindarkan pencernaan dari bahan-bahan pemicu, melakukan penghijauan, mengubah perilaku, meningkatkan daya tahan tubuh melalui perbaikan gizi, serta menghindari stres.
Sementara yang kedua adalah pencegahan sekunder. Untuk kanker paru dengan sitologi dahak, kanker payudara dengan sarari dan sitologi, sementara kanker rahim dengan pap smear test .

Acara sosialisasi menjadi semakin seru pada segmen tanya jawab, dan tambah meriah saat panitia membagikan hadiah kepada peserta yang bisa menjawab berbagai pertanyaan dari narasumber. Sebelum mengakhiri ceramahnya Monthes mengingatkan kepada para peserta agar melakukan 7 tujuh usaha pencegahan kanker, yaitu menghindari merokok, melakukan pemeriksaan protoskopi sekali setahun setelah usia 40 tahun, memeriksa payudara sendiri setiap bulan, pap smear test sekali setahun, menghindari cahaya matahari berlebihan, serta melakukan pemeriksaan mulut dan badan secara teratur

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id - "Kenali Gejala Kanker Sejak Dini"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar